You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Pasanggar
Desa Pasanggar

Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan, Provinsi Jawa Timur

Selamat Datang Di Website Resmi Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan

Sejarah Desa

Administrator 04 Juli 2023 Dibaca 198 Kali

Sejarah Desa

1. Asal Usul Desa

Pasanggar merupakan desa yang dipimpin oleh Kepala Desa (Indonesia) atau "klebun (madura)" yang dipilih langsung oleh masyarakat melalui PILKADES. PILKADES dulu berlaku untuk seumur hidup menjabat, namun  kemudian diubah  peraturan baru setiap 6 (enam) tahun sekali. Dari hasil diskusi dengan beberapa tokoh masyarakat yang dapat dianggap sebagai sesepuh desa. Asal usul Desa Pasanggar ini masih belum dapat di ketahui secara pasti. Namun ada beberapa cerita yang kiranya dapat kita jadikan bahan kajian penentuan asal usulnya yaitu cerita pertama adalah Desa Pasanggar. Desa Pesanggar yang dulunya merupakan satu kesatuan dengan Desa Palesanggar. Namun karena wilayahnya sangat luas dan pertumbuhan penduduk semakin meningkat maka di pilah atau dibagi menjadi dua bagian, bagian barat tetap dinamakan Desa Pasanggar kemudian bagian timur berganti nama menjadi Desa Palensanggar. Dahulu kepala Desa Pasanggar menjabat untuk seumur hidup beliau bernama K. Inap. Dimana beliau sangat di segani oleh masyarakat desa setempat dan beliau sangat religius. Asal usul penamaan desa ini menjadi hal sangat menarik untuk ditelusuri. Bahkan untuk dapat menentukan tahun berdirinya desa Pasanggar perlu penelusuran lebih lanjut untuk dapat dijadikan pengetahuan kepada anak cucu penduduk Pasanggar di masa yang akan datang.

2. Sejarah Pemerintahan Desa

Pasanggar adalah nama desa yang ada di wilayah Kecamatan Pegantenan, dengan luas wilayah 15.871 Km² dimana jumlah penduduknya mencapai 12.773 jiwa dengan mata pencaharian sebagai petani, pedagang atau bahkan ada yang menjadi pegawai negeri sipil.

Adapun daftar nama-nama yang pernah memimpin di Desa Pasanggar

antara lain:

1. K. INAP ( Masa Jabatan :Tidak Diketahui)

2. ARDIAN ( Masa Jabatan :Tidak Diketahui)

3. KOYANI ( Masa Jabatan :Tidak Diketahui)

4. SENNAH  (Masa Jabatan: 1956-1986)

5. KH. SUIBUN (Masa Jabatan: 1986-1994)

6. KH. AHMAD (Masa Jabatan 1996-1999)

7. LIMULLA (Masa Jabatan: 2001-2008)

8. NAFIN (Masa Jabatan: 2008-2014)

9. SULHAN  (Masa Jabatan: 2009-2014)

10. ABD. HADI (Masa Jabatan: 2015-2021)

11. MOH. ROMLI,S. EI (Masa Jabatan: 2022-2028)

 

3. Sejarah Pembangunan Desa

Pada masa pemerintahan SULHAN banyak program pembangunan yang masuk ke Desa Pasanggar diantaranya PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Generasi Sehat dan Cerdas, PKH dan lain lain. Infrastruktur sudah mulai bagus, dengan adanya perkerasan jalan, pengaspalan jalan poros dusun, walaupun belum semua jalan dusun tersentuh pembangunan karena terbatasnya dana sementara pembangunan desa semakin menuntut untuk terus dikembangkan.

Di bidang kesehatan, telah nampak hasilnya yaitu semakin meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap kesehatan ibu dan anak serta di bidang pendidikan dengan semakin pahamnya masyarakat terhadap pentingnya pendidikan untuk putra putri mereka. Pembangunan desa berbasis partisipatif ini kemudian menjadi prioritas kerja bagi kepala desa yang baru yaitu bapak MOH. ROMLI, SE.I. 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image